streaming audio-video

Posted by stev_mtl's BLOG | Posted on 00.09 | Posted in

Dalam jaman saat ini yang sudah sanggat modern sudah sangat membantu setiap orang untuk berinteraksi melakukan apapun yang di ingginkan karena hampir tidak ada yang tidak dapat diperoleh oleh kemajuan teknologi.
Salah satu contoh keunggulan teknologi yang ada saat ini yaitu streaming. Definisi dari streaming adalah teknik untuk mengirim file dari satu device ke device lain yang berjalan secara terus menurus sehingga user di device tujuan bisa menjalankan file yang dikirim dengan tidak menunggu semua file dari tempat asal selesai dikirimkan.

Proses streaming membutuhkan bandwith yang besar, karena data audio dan video biasanya memiliki ukuran yang besar. Dengan kondisi bandwidth yang terbatas proses streaming sulit diimplementasikan. Oleh karena itu dibutuhkan solusi yang bisa melakukan streaming pada bandwidth yang terbatas.

Salah satu solusi yang memungkinkan yaitu dengan menggunakan metode kompresi ke dalam data yang akan distreaming. Kompresi dilakukan menggunakan metode kuantisasi vektor dengan menggunakan algoritma Fair Share Amount.

Streaming juga mengimplementasikan teknologi UPnP (Universal Plug And Play) sehingga proses streaming bisa diautomatisasi tanpa perlu mengetahui address pada device - device yang terhubung.

Source streaming disebut dengan device sedangkan tujuan streaming disebut dengan control point. Berdasarkan hasil uji coba menunjukan bahwa dengan menggunakan arsitektur UPnP, aplikasi video streaming terkompresi menggunakan metode quantisasi vektor dengan algoritma FSA bisa diterapkan dengan baik serta prosentase kompresi yang dihasilkan dengan metode ini mencapai 75,8 % sampai 85 % dari file aslinya.

Pada teknologi Streaming maka kita mengenal dengan RTP (Real Time Protokol) yang merupakan protokol yangdibuat untuk mengkompensasi jitter dan desequencing yang terjadi pada jaringan IP yang berfungsi untuk mengurutkan paket data dan mendeteksi apakah ada paket data yang hilang.

Pada proses kerja RTP biasanya bekerja sama dengan RTCP (Real Time Control Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan paket control pada saat terminal yang berpartisipasi pada percakapan sebagai informasi yang berkualitas transmisi pada jaringan data yang dikirimkan, pengecekan headstamp pada header RTP dan memastikan datanya tepat dengan headstampnya, sebenarnya tugas utama RTCP adalah menyediakan feedback terhadap kualitas layanan yang disediakan oleh RTP sebagai protokol transport.


GbU


selamat membaca dan mempelajari



Comments (0)

Posting Komentar